Senin, 02 Januari 2012

Evaluasi 2011 (Part I)

Hari ini tanggal 31 Desember 2011 pukul 24.00 yaitu  hari terakhir di tahun 2011. Sungguh tak terasa waktu terus berlalu..satu tahun terasa begitu cepat hingga berbagai target yang telah dibuat satu tahun yang lalu banyak tak terpenuhi. Malam ini akan ku jadikan sebagai refleksi evalusi selama setahun ini. Banyak target yang sudah Ku tulis diawal 2011 tapi hanya beberapa saja yang terpenuhi. kemungkinannya  karena memang terlalu ambisius atau karena tdk fokus dan konsisten terhadap target yang sudah di canangkan...Aku pikir itu masalahnya..
Dalam hidup aku sudah menetapkan untuk memilih jalan hidup sebagai Wirausahawan/Bisnis sehingga seluruh energi/waktu/fikiran ku curahkan buat menggapai mimpi ini. Diawal 2011 ada 3 Target yang Aku Tulis sebagai bagian dari usaha ku untuk bisa menjadi Wirausahaan Sukses yaitu membuka beberapa usaha :
1. Membuka Lembaga Privat
2. Membuak Penggadaian Mahasiswa
3. Bisnis Online/Membuat Toko Online

Dari ketiga Usaha itu tak ada satupun yang SUKSES karena memang 1 tahun membuka 3 Usaha sekaligus AMAT sangat Ambisius dan tdk terukur.. membuat Aku berkerja setengah-setengah membuat semua targetku menjadi ngambang. hingga tak ada satupun yang berjalan muluss. Aku yakin ini semua karena Terlalu ambisius dalam mebuat target yang membuat plinplan/setengeh-setengah dalam bekerja. Walau sebenernya aku sudah bekerja keras di 2011 untuk mewujudkan semua target itu tapi aku hanya sanggup membuat Pondasi dan Sistem saja dalam setahun ini.
1.       Membuat privat : kerja keras Ku  sudah banyak sebernya.  sudah beberapa kali Aku mencari Pather bekerjasama  dalam usaha ini karena memang usaha membuat privat tidak mungkin sendirian dan akhir saya dapatkan Pather, tapi sayang Ketika aku sudah siapkan semuanya hingga tinggal jalan ada ketidak cocokan dengan pather kerjasama yah akhir  project tidak berjalan. padahal aku sudah nyiapin berbulan2 aku fokuskan energiku  Untuk mempersiapkan semuanya ini. usahaku terus berlanjut untuk mewujutkan target ini. Aku kembali mencari Pather untuk memulainya.. Akhirnya sekitar Bulan November 2011 Kami mendapatkan pather di Jakarta hingga kami sepakat untuk memulai Membuka Lembaga privat. Alhmdulliah berjalan walaupun baru mendapatkan beberapa Murid mudah2 di 2012 terus berkembang.....!
2.      Membuka Penggadaian mahasiswa, ide usaha ini sudah cukup lama ada di kepalaku. aku pikir ini usaha yang sangat potensial jika aku jalankan. aku melihat potensi pasar yang sangat besar.. mungkin pegadaian memang sudah banyak tapi klo penggdaian yang segmen pasarnya adalah mahasiswa itu blom ada, hingga saya pikir klo saya buka akan sangat potensial untuk berkembang. beberapa bulan aku merancang sistem/aturan dll untuk merealisasikan ideku ini. tapi sayang setelah dibuat semuanya terkendala dengan dana. memang usaha ini membutuhkan dana investasi yang sangat besar hingga klo hanya mengandalkankan kantong celanaku itu tidak akan cukup. Alhasil aku harus mencari pather juga yang kantong celananya tebal. tapi memang sulit mencari Parther tuh... harus yang komitmen, kantongnya tebal,jujur. diawal november 2011 aku mendapatkan pather kemuadian kami sepakat untuk Lauching Usaha Penggadaian ini, kami berinama Pegadaian Syariah Padjadajan baru 2 kami publis ternyata respon pasar sangat positif. puluhan orang ingin konsumen penggadai aku ini. tapi sayang kami tidak ada dana yang cukup untuk melayani semuanya. Akhirnya kami vakum karena terlalu banyak pasien hingga kami tdk mampu melayani. MUNGKIN ADA TEMAN2 yang tertarik Investasi diusaha KAMI ? Ingsa ALLAH AKN kami mulai kembali di 2012.
3.      Membuat toko Online, usaha ini  aku rancang di Bulan Oktober perencanaan aku butuh waktu sekitar sebulan buat menentukan produk apa yang saya akan jual dimana aku menetapkan untuk menjual berbagai batik dari seluruh indonesia,makan khas,pernak pernih, alat musik tradisional hingga aku berencana akan memasarkankan puluhan ribu produk khas dari berbagai daerah ( mungkin terlalu Ambisius , kemudian butuh 1 bulan aku untuk membuat website walaupun aku serahkan pembuatnnya ke orang lain. dan sekarang web aku sudah hampir jadi di www.nusantaraku.us. aku berpather dengan teman kostku.
Kesimpulannya 2011 tak ada satupun Usahaku yang sukses, walaupun kecewa aku harus menghargai kerja kerasku walaupun mungkin kurang efektif,fokus dan komitmen komitmen hingga berakhir seperti ini. tapi aku harus terus berjuang, 2011 aku jadikan tahun membuat sistem/pondas dan Aku Akan jadikan 2012 , tahun tumbuh Usaha-usahaku...dan 2013 SUKSES USAHAKU

0 komentar:

Posting Komentar